Sunday, May 12, 2013

FKUB Bali; Tumbuh Dengan Sadar




Sabtu (11/05) KKL IAI FIS 2013 melakukan kunjungan ke salah satu ormas yakni Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) di Denpasar-Bali. Organisasi ini dibentuk berdasarkan peraturan dua menteri yakni Menteri Agama dan Menteri Dalam Negeri. Pasalnya peraturan dua menteri ini yang tertuang dalam kesepakatan bersama Menteri Agama dan Menteri Dalam Negeri nomor 9 dan 8 tahun 2006.

Dari hasil kesepakatan itu akhirnya FKUB resmi menjadi ormas yang dinaungi oleh negara, akan tetapi memang FKUB sudah memiliki cikal bakal yakni Forum Kerukunan Antar Umat Beragama (FKAUB) khususnya di Bali. Forum ini masih sangat muda, sehingga masalah pembiayaan diambil dari iuran anggota pengurus pada saat masih FKAUB, akan tetapi setelah berubah menjadi FKUB sumber dana pun mulai didapatkan dari anggaran APBD, dan juga kementriandagri dan kemenag, bahkan dari kepolisian pun turut memberikan dukungan dengan memberikan penghargaan dengan cara memberikan gelar Polisi Kehormatan bagi setiap anggota pengurus FKUB.

Acara ini dihadiri oleh perwakilan dari MUI Denpasar bapak H. Roichan Muchlis, juga  Ida Bagus Wiyana selaku ketua FKUB Denpasar juga FKUB Provinsi Bali. Hadir pula dekan Falkultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Dwijendra bapak  I Made Sila. Kegiatan ini sangat menginspirasi dan merupakan hal yang tak disangka-sangka bagi kami Mahasaiswa Ilmu Agama Islam, Universitas Negeri Jakarta, sebab kami mendapatkan pengetahuan yang luar biasa tentang kerukunan yang ada di Bali. Dari hasil apa yang telah dijelaskan oleh pihak FKUB Denpasar.

“Mahasiswa Ilmu Agama Islam, Universitas Negeri Jakarta tepat mengunjungi kami di sini” tutur Ida Bagus Wiyana. [Imam hd]

No comments:

Post a Comment